100 Hikes/Travel Guide: Central Oregon Cascades

100 Hikes/Travel Guide: Central Oregon Cascades

B. Indonesia teks manakah yang merupakan teks eksposisi?​

teks manakah yang merupakan teks eksposisi?​

Teks yang menggunakan bagian dari teks eksposisi adalah teks nomor 3, 4, dan 5. Sedangkan teks no 1 dan 2 bukan teks eksposisi.

Pembahasan:

⠀⠀⠀ Teks eksposisi adalah teks yang isinya mengenai sebuah informasi yang bersangkutan dengan suatu penilaian dan pendapat dari orang lain. Teks eksposisi dibuat dengan melakukan penelitian dan mencari informasi dari beberapa sumber terlebih dahulu karena teks eksposisi harus dibuat secara fakta. Teks eksposisi memiliki beberapa Pola Pengembangan, diantaranya:

  1. Pola Umum Khusus
    Ide pokok bagian teksnya ditempatkan pada awal paragraf yang kemudian diikuti oleh ide-ide penjelas.
  2. Pola Khusus Umum
    Hal-hal bersifat khusus diikuti oleh uraian yang bersifat umum.
  3. Pola Ilustrasi
    Sebuah gagasan yang terlalu umum memerlukan ilustrasi-ilustrasi kongkret. Ilustrasi-ilustrasi tersebut berfungsi untuk pembuktian suatu pendapat.
  4. Pola Perbandingan
    Untuk meyakinkan suatu pendapat, kamu dapat melakukan suatu perbandingan. Benda-benda, keadaan, atau yang lain ditentukan perbedaan ataupun kesamaannya berdasarkan aspek tertentu.

͏

Teks nomor 1

⠀⠀⠀ Teks nomor 1 bukanlah Teks Eksposisi melainkan Teks Prosedur, karena menggambarkan langkah-langkah membuat gula merah.

Teks nomor 2

⠀⠀⠀ Teks nomor 2 bukanlah Teks Eksposisi melainkan Teks Deskripsi, karena membandingkan antara pedidikan formal dan pendidikan nonformal.

Teks nomor 3

⠀⠀⠀ Teks nomor 3 merupakan Teks Eksposisi, karena terdapat gagasan umum di akhir paragraf. Teks tersebut menggunakan Pola Khusus Umum.

Teks nomor 4

⠀⠀⠀ Teks nomor 4 merupakan Teks Eksposisi, karena mengilustrasikan saluran air. Teks tersebut menggunakan Pola Ilustrasi

Teks nomor 5

⠀⠀⠀ Teks nomor 5 merupakan Teks Eksposisi, karena permasalahan yang diangkat adalah terjadinya unjuk rasa sebagai pola umum. Teks tersebut menggunakan Pola Umum Khusus.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Ciri-Ciri Teks Eksposisi: brainly.co.id/tugas/119407
  2. Macam-Macam Teks Eksposisi: brainly.co.id/tugas/587
  3. Tujuan Teks Eksposisi: https://brainly.co.id/tugas/41719690

======================

Detail jawaban:

Mapel: Bahasa Indonesia

Kelas: 7

Materi: Teks Eksposisi

Kata kunci: teks eksposisi

Kode soal: 1

Kode kategorisasi: 7.1.4

[answer.2.content]